Selasa, 15 Desember 2009

Sepenggal kisah

Sepenggal kisah dari buku KOMITMEN MUSLIM SEJATI
Share
Yesterday at 5:37pm
Saya sangat terkesan dengan satu bagian dalam buku karangan Syaikh Fathi Yakan ini. Karena itu, saya ingin membagi kesan saya itu dengan teman-teman semua. Tulisan ini saya cuplik dari halaman 75 -77 versi Bahasa Indonesia. Kalau mau baca lengkap satu buku ini, silakan miliki aja (ga mahal kok) atau pinjam juga bisa.
--------
Salah satu ajaran yang ditekankan oleh Islam dalam rangka melindungi diri dari anak panah - anak panah dan tipu daya – tipu daya setan adalah dengan menyebut nama Allah Swt. setiap kali memulai semua pekerjaan. Mengenai hal ini, ada riwayat dari Abu Hurairah sebagai berikut.
“ Setannya orang mu’min dan setannya orang kafir bertemu. Ternyata, setannya orang kafir itu rambutnya rapi berminyak, badannya gemuk, dan buas, sedangkan setannya orang mu’min itu kurus, rambutnya kusut, dan tubuhnyaberdebu. Setannya orang kafir berkata kepada setannya orang mu’min, ‘Mengapa kamu kurus?’

Setannya orang mu’min itu menjawab, ‘Aku mengikuti seorang laki-laki yang apabila makan ia menyebut nama Allah, sehingga aku kelaparan. Jika minum, ia menyebut nama Allah, sehingga aku kehausan. Dan jika memakai pakaian, maka ia menyebut nbama Allah, sehingga aku telanjang. Jika meminyaki rambutnya, ia menyebut nama Allah, sehingga rambutku kusut.’

Maka, setannya orang kafir itu berkata,’ Adapun aku bersama seseorang yang tidak pernah melakukan hal seperti itu. Maka, aku selalu bersamanya ketika makan, minum, dan berpakaian.’”
Salah satu sarana untuk melindungi diri adalah dengan menghindari kenyang, sekalipun yang dimakan adalah makanan halal dan bersih, karena Allah berfirman,

….makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan…

Nabi SAW juga bersabda,

Sungguh setan itu mengalir pada diri anak Adam sebagaimana mengalirnya darah, maka sempitkanlah tempat-tempat mengalirnya dengan rasa lapar.”

1 komentar:

  1. wuuuiiiiihhhh..
    serem jg yah,,
    tp bener2,, sesuatu yg berlebihan itu ga bagus..

    BalasHapus